Manajemen adalah dasar dari kesuksesan dari setiap usaha yang kita lakukan. Manajemen tang kurang baik akan mengacaukan semua rencana kita. Dalam hal apapun termasuk dalam ternak burung yang kita tekuni.
Manajemen Penting UKM Paruh Waktu
Manajemen usaha sangat penting untuk usaha kita

Manajemen Penting Budidaya Burung Parkit

Meskipun ternak burung masih sekala kecil tapi sangat diperlukan suatu manajemen yang baik. Pada kesempatan kali ni kita akan membahas bersama mengenai Manajemean Sederhana dalam Budidaya Burung. Seperti bahasan sebelumnya, kita akan mengacu pada ternak burung Parkit. Manajemen ini didapat dari seorang pembuidaya Love Bird sukses yang di wawancara oleh Youtuber.

Manajemen Kandang

Dalam beternak burung paruh waktu yang memanfaatkan lahan seadanya manajemen kandang sangat penting. Kita perlu memperhitungkan modal dan ukuran dalam membuat kandang. Dengan memperhitungkan kandang kita dapat menentukan jumlah induk untuk budidaya. Selain tu, kita perlu memperhitungkan juga jumlah glodok dan penempatannya dalam satu kandang. Untuk sedikit bantuan kita dapat melihat di artikel sebelumnya dengan judul Kandang Terbaik Ternak Burung Parkit Pemula.

Manajeman Pakan

Dalam ternak burung kita memerlukan persediaan pakan yang baik. Bukan berarti banyak tetapi harus teraratur dalam memberikan pakan. Selain itu kualitas pakan juga harus dipertimbangkan. Usahakan pakan selalu dalam keadaan baik dan segar. Pada burung parkit misalnya, pakan yang kita sediakan adalah milet putih. Agar kualitas milet yang kita miliki selalu baik, maka dalam membeli pakan jangan terlalu banyak. Ukurlah perkiraan milet akan habis dalam waktu paling lambat dua bulan.

Manajemen Panen

Pada saat kita menikmati hasil ternak kita, tentu itu berupa anak burung. Dalam menjual anak burung juga diperlukan manajemen lho. Misal kita gunakan saja manajemen sederhana tapi sangat penting. Dalam ternak misal kita memiliki 10 ekor anakan, maka untuk anak burung yang dijual adalah 6 ekor. Jadi sisakan 4 ekor untuk generasi induk baru apabila tiba-tiba ada induk yang mati. Manajemen ini simpel, tapi sangat vital.

Apapun usaha anda, intinya manajemen haruslah matang. Jangan sampai salah spekulasi ya kawan. meskipun belajar tapi kita harus mulai belajar untuk teliti.

Manajemen terbaik adalah manajemen yang didasari dengan keikhlasan dan ketulusan serta doa kepada tuhan.