Menghitamkan Rambut Secara Alami dengan Urang Aring;- Urang Aring adalah tumbuhan liar yang sering tumbuh di lingkungan rumah kita. Sari urang aring, sangat bermanfaat untuk perawatan rambut khususnya untuk menghitamkan rambut. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai urang aring

Menghitamkan Rambut Secara Alami dengan Urang Aring
Menghitamkan Rambut Secara Alami dengan Urang Aring Sumber: https://www.flickr.com/

Daun Urang Aring

Urang Aring* yang dalam bahasa ilmiah disebut dengan Eclipta Alba* adalah tumbuhan yang dapat dengan mudah ditemukan. Tumbuhan ini biasa ditemukan liar dalam kelompok tumbuhan gulma. Urang Aring memiliki banyak sekali manfaat khususnya untuk perawatan kesuburan rambut. Selain itu, tumbuhan ini juga termasuk dalam tumbuhan obat.

Pada daun urang aring, memiliki kandungan zat pewarna hitam alami. Dengan zat ini kita dapat memanfaatkan urang aring untuk menghitamkan rambut dan juga bisa digunakan sebagai tato. Pada ilmu pengobatan india, urang aring malah diyakini memiliki khasiat untuk awet muda.

Menghitamkan Rambut Dengan Urang Aring

Seperti yang kita tahu dari ulasa singkat diatas, urang aring juga dijadikan sebagai bahan utama beberapa produk shampo perawatan rambut. Maka jika demikian kita juga bisa membuat bahan sendiri untuk perawatan rambut kita.

Untuk membuat ramuan penghitam rambut dengan urang aring kita hanya perlu melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Cari daun Urang Aring dari sekitar rumah. Tumbuhan ini mudah demukan karena termasuk gulma. Jika sudah ketemu, ambil 20 lembar daun urang aring segar (yang tua tapi masih berwarna hijau).
  • Tumbuk daun urang aring tadi hingga halus pada wadah yang bersih. Bisa magkok atau cangkir.
  • Campur satu sendok air pada urang aring yang telah halus tersebut.
  • Urang aring siap digunakan pada rambut kita. Gunakan urang aring ini malam hari sebelum kita tidur, diamkan selama 30 menit.
  • Setelah 30 menit bilas dengan air bersih hingga ramuan urang aring yang menempel hilang.
Begitulah bagaimana cara menghitamkan rambut secara alami dengan daun urang aring. Cara ini jika rutin di lakukan, dalam waktu 15 hari maka akan mulai terlihat. Kok lama banget sih? Memang agak lama, karena ini adalah cara alami, tapi cara ini dijamin aman tanpa efek samping.

Tambahan, agar ramuan urang aring kita wangi, maka kita dapat mencampurkan shampo pada ramuan urang aring kita.