Membuat blog bukanlah hal yang sulit. Cukup dengan modal internet dan peramban kita dapat membuat blog meskipun dengan sub domain. Namun demikian, banyak yang kurang berhasil dengan bagaimana menjadi seorang conten crator (penulis blog) hingga dapat menghasilkan.

Kunci Sukses Blogger - Penting Terlupakan


Salah satunya saya sendiri yang sudah lama ngeblog tetapi belum bisa mendapatkan penhasilan dali blog yang saya buat ini. Kenapa bisa demikian, karena ada satu hal yang saya lupakan dari proses saya menjadi blogger. Proses tersebut adalah kunci kesuksesan kita pada semua bidang yaitu "Istiqomah".

Istiqomah yang jika dalam bahasa blog adalah tidak mudah bosan dengan kegiatan seorang penulis blog. Pekerjaan seorang blogger tentu memang sangat membosankan karena kerjaan utama kita adalah menulis. Kita semua tau bahkan anak SD pun tau bahwa pekerjaan menulis adalah pekerjaan yang paling membosankan sejagad.

Jadi bagaimana kita bisa sukses jika faktor utama kita sudah kita lupakan. Banyak diluar sana blogger yang hanya menuliskan kesehariannya dalam blog tapi mendapatkan penghasilan dari tulisan yang mereka post tersebut. Tentu kalo hanya blog diary pasti isinya tentang curhat dan bukan konten yang keren, tetapi karena mereka Istiqomah dalam menulis maka mendapatkan hasil yang memuaskan.

Intinya adalah ketika kita hendak memulai usaha apapun bentuknya kita harus Istiqomah dan jangan gampang bosan.

Sebagai tambahan artikel, meungkin yang membutuhkan rencana sebelum membuat blogger bisa lihat ulasan dibawah ini.

Alur Sukses Dalam Blog

Pertama tentu kita buat terlebih dahulu blog kita. Mendaftar blog di blogger.com atau bisa cari platform lain. Jika ingin mengikuti program Google adsense maka disarankan menggunakan blogger.com karena bisa ikut berpartisipasi tanpa harus membeli domain sendiri.

Kunci Sukses Blogger - Penting Terlupakan


Setelah kita mendaftar blogger.com dan menetukan nama blog kita, selanjutnya kita tentukan genre atau arah dari blog kita. Misalkan kita ahli atau sendang sekolah jurusan TKJ maka buat blog kita dengan tema atau niche teknologi. Begitu seterusnya.

Kunci Sukses Blogger - Penting Terlupakan


Buat blog sudah, tentukan arah sudah kemudian kita pilih template/tema sesuai dengan blog kita. Pilih tema yang enak di pandang dan memberikan pengalaman membaca yang nyaman kepada visitor. Ingat website kita adalah blog jadi pentingkan kenyaman dalam tulisan, krena blog adalah website yang berisi dengan artikel/bacaan.

Kunci Sukses Blogger - Penting Terlupakan


Langkah terahir adalah mengisi blog kita dengan artikel artikel yang unik dan karya sendiri. Unik disini bukan berarti adalah artikel yang belum pernah ada tetapi artikel yang kita susun dengan tata bahasa dan cara penulisan kita sendiri. Bukan asal salin dan tempel dari blog lain.

Kunci Sukses Blogger - Penting Terlupakan


Dan intinya yang paling penting adalah istiqomah dalam membuat post artikel. Terserah mau diisi apa saja tapi jang bosan untuk mengisi blog kita dengan artikel kita sendiri. Setelah itu kita bisa coba mengikuti program adsense dan mulai meningkatkan visitor (pengunjung) blog yang telah kita buat.

Sampai disini tuliasan singkat ini, jika ada yang salah penulis mohon maaf yang sebesarnya. Ingat lah pepatah keren ini "Kebaikan yang kurang istiqomah akan dapat dikalahkan dengan kejahatan yang istiqomah". Salam Blogger.

Kosakata Sulit dalam artikel


  • Istiqomah: Disiplin, ulet dan tidak mudah bosan dengan sesuatu.
  • Artikel Unik: Artikel yang dibuat dengan tata bahasa dan cara penulisan sendiri
  • Blogger: Orang yang memiliki dan aktif dalam mengisi konten blog/artikel
  • Sukses: Mendapatkan hasil setelah melakukan usaha yang maksimal