Marhaban ya Ramadhan mubarak. Akhirnya bulan yang penuh rahmat yang kita tunggu-tunggu sebentar lagi tiba. Bulan suci yang di berikan oleh Allah berupa pahala yang berlipat ganda. Bulan yang dimana tidur pun bisa bernilai ibadah.

Jadwalkan Kegiatan Ramadhan Dapatkan Nilai Tertarget


Sudahkah kita siap untuk menyambut bulan mubarak ini? Tentu kita semua umat islam sudah sangat siap dengan semangat untuk beribadah dan beraktifitas. Dalam bulan ini apa rencana untuk meningkatkan ibadah kita? Jika hanya melakukan puasa yang wajib saja tentunya rugi dong, karena kesempatan ini hanya datang sebulan dalam setahun.

Tentunya sudah banyak kan, rencana dalam bulan Ramadhan ini? Misalkan Tarawih, Tadarus, Pondok Romadhon, Ngabuburit dan lainnya. Pokoknya jangan sia-siakan deh kesempatan besar yang belum tentu tahun depan kita dapat menjumpainya lagi.

Bagaimana jika bulan Ramadhan ini kita buat jadwal kegiatan? Memang sepertinya tidak perlu karena pasti kita sudah punya jadwal yang sudah kita tuliskan dalam hati kita. Tapi alangkah baiknya jika kita tulis di kertas agar kita lebih disiplin dan lebih aktif. Misalkan kita buat ceklist harian Ramadhan kita, tujuanya agar tau mana target kegiatan yang belum terlaksana.

Rencanakan dan Jadwalkan Kegiatan Ramadhan

UKM Santri punya sedikit usul untuk teman-teman dengan jadwal Ramadhan tahun ini. Untuk yang kegiatan yang rutin seperti Puasa dan Shalat Tarawih tidak perlu di cantumkan, soalnya itu kan memang sudah rutin dan pasti terlaksana. Untuk itu jika teman-teman masih bingung mari kita lihat dulu usulan UKM Santri dibawah ini:


  • Tadarus 1 juz/hari
  • Itikaf 15 menit
  • Shalat Malam 4 rakaat
  • Shalat sunah Dluha 4 rakaat
  • Shalat sunah Rawatib 5 waktu
  • Ngabuburit dan Obyak Sahur untuk hiburan


Wah kok sepertinya jadwalnya berat ya? Tidak berat kok kegiatan tersebut, tapi membutuhkan sedikit trik untuk dapat membagi waktu. Jika masih penasaran yuk lihat tips membagi waktu dalam melaksanakan kegiatan Ramadhan.

Tips Tadarus 1 Juz dalam 24 jam

 Bagaimana cara kita menatur waktu untuk dapat tadarus 1 juz per hari? Tipsnya adalah dengan dibagi setiap selesai shalat. Jika dalam satu juz rata-rata 20 halaman, maka dalam setiap selesai shalat kita tadharus 4 halaman. Jika kita tadarus dengan lagu biasa, kira-kira per halaman membutuhkan waktu 3-5 menit. Jadi jika dijumlahkan maka untuk tadarus 4 halaman kita membutuhkan waktu antara 12-20 menit. Dengan demikian kita akan ringan dalam menamatkan 1 juz dalam sehari.

Jika kita membagi waktu seperti itu maka akan terasa ringan ketimbang kita langsung tadarus 1 juz dalam sekali. Atau jika teman-teman punya cara lain yang lebih efisien bisa gunakan cara membaginya sendiri. Intinya jika kita tepat dalam membagi waktu maka segala sesuatu akan terasa ringan.

Tips Shalat Malam 4 Rakaat

Bagi teman teman yang biasa sahur, maka cara ini tidak akan sulit. Karen kita dapat menunaikan shalat malam sebelum atau sesudah makan sahur. Tapi jika yang terbiasa tidak makan sahur, maka diutamakan untuk makan sahur karena selain dapat menunaikan shalat malam juga mendapat nilai sunah.

Tips Membiasakan Shalat Rawatib 5 Waktu

Shalat rawatib adalah shalat sunah muakad yang sering terlupakan. Hal ini disebabkan karena kita sering mepet iqomah ketika datang ke masjid. Untuk dapat membiasakan shalat rawatib, tentu kita harus datang ke masjid saat azan atau tepat setelah azan. Dengan demikian kita punya cukup waktu untuk shalat rawatib.

Tips Itikaf dan Shalat Dluha

Ketika tidak Ramadhan, itikaf dan shalat dluha terhitung agak memberatkan. Tapi berbeda ketika bulan Ramadhan. Bagi yang bekerja atau sekolaha, teman-teman tentu memanfaatkan waktu istirahat untuk makan atau sarapan. Berbeda ketika bulan Ramadhan yang notabene kita tidak membutuhkan makan di siang hari. Kesempatan inilah kita gunakan untuk shalat dluha. Tidak perlu banyak, cukup dengan 4 rakaat kita shalat dluha dan sisanya untuk Itikaf.

Tips Mencari Hiburan/Ngabuburit yang Bermanfaat

Tidak lengkap rasanya jika kita tidak ngabuburit ketika bulan ramdhan. Ngabuburit selain menjadi hiburan juga dapat bernilai pahala jika kita tepat dalam melakuannya. Bagaimana caranya? Caranya gampang-gampang susah di lakukan, karena terkadang kita tidak tidak menyadari bahwa ketika ngabuburit kita telah berkata kotor dan ghibah.

Agar ngabuburit kita mendapat nilai tambah, kita gunakan untuk mencari menu buka puasa.  Misalnya dengan datang ke pasar bedug dan membeli beberapa tazil. Dengan demikian, kita mendapat nilai tambah karena kita telah menyiapkan makanan buka puasa.

Tujuan Panjang Kegiatan Ramadhan Terjadwal

Tujuan dari kegiatan bulan Ramadhan terjadwal ini sudah tentu untuk meningkatkan nilai ibadah teman-teman semua. Tapi sebenarnya dengan jadwal ini, terdapat tujuan jangka panjang yang penting. Dengan terlaksananya semua jadwal kita selama satu bulan penuh, maka secara otomatis kita terbiasa dengan semua kegiatan tersebut dan dapat diamalkan pada hari-hari setelahnya.

Begitulah artikel tentang Jadwalkan Kegiatan Ramadhan Dapatkan Nilai Tertarget. Semoga artikel kecil ini dapat membantu teman-teman pembaca semua. Selamat menunaikan ibadah bulan suci Ramadhan, semoga Allah menerima semua amal ibadah kita.  Mohon pembenahan jika dalam artikel ini terdapat kesalahan tulisan. Selamat mendapatkan hasil tertarget.

Penting: Allah lebih menyukai amal yang sedikit tapi istiqomah dari amal yang banyak tapi tidak istiqomah.
Tag: Pesantren Teknologi Informasi dan Komunikasi