Namanya juga pelajar, sudah pasti jadwal untuk sekolah lebih dari setengah hari. Belum lagi ketika ada ekstra kurikuler yang wajib diikuti, bisa-bisa seharian berada di sekolah. Saking padatnya jadwal, sampai-sampai banyak pelajar dan mahasiswa menjadi pengangguran ketika masih menempuh pendidikan. Lama sih, untuk anak SMA sudah pasti nganggurnya selama 3 tahun sedangkan untuk mahasiswa malah 4 tahun bahkan bisa lebih.

Lantas apakah tidak ada alternatif untuk pelajar dan mahasiswa untuk menjalani bisnis seperti halnya orang lain ? jawabannya jelas ada. Dilihat dari kondisi jadwal yang padat, bisnis yang cocok untuk mereka adalah "Bisnis Paruh Waktu" yang tentunya hanya dikerjakan di waktu santai. Heheh jadi berkurang deh waktu buat istirahat, tapi enggak kok, justru malah menambah pembelajaran terhadap manajemen waktu kita. Baiklah, tak perlu panjang lebar langsung saja kita bahas bersama sama.
Alternatif Bisnis Paruh Waktu Pelajar/Mahasiswa
Mari mencari Bisnis Paruh Waktu

Alternatif Bisnis Paruh Waktu Pelajar/Mahasiswa

Banyak yang dapat dilakukan untuk mengisi sedikit waktu kosong kita. Mulai dari ternak burung hingga jual beli online. Jadi sebenarnya mahasiswa tidak perlu khawatir akan kehabisan ide untuk memulai bisnis. Beberapa Alternatif Bisnis Paruh Waktu paling cocok akan kita bahas bersama-sama di bawah.

Jasa Penulisan Artikel

Alternatif pertama datang dari sektor internet. Yap, tentu ini berhubungan dengan blog dan atau web. Tetapi disini kita tidak menggarap blog melainkan menawarkan jasa penulisan artikel. Prospeknya sangat tinggi dan dicari. Banyak orang yang rela untuk membayar per artikel dengan 300 kata sebesar 5000-1000 rupiah dengan bahasa Indonesia. Belum lagi jika kita mahir dalam penulisan artikel bahasa inggris, untuk satu artikel lengkap bisa mencapai 15.000 rupiah.

Bagaimana, lumayan bukan?. Jika kita ambil sederhana untuk membuat satu artikel 300 kata bahasa indonesia kita membutuhkan waktu 30 menit, maka jika waktu luang kita sebanyak 2 jam maka sudah terlihat uang yang dapat kita kumpulkan. Lantas promosinya bagaimana ?. Gampang kok, untuk promosi jasa yang kalian tawarkan tinggal gabung aja di forum-forum blogger di sosial media. Pasti laku keras.

Ternak Burung

Ternak burung sebenarnya bisa dibilang gampang-gampang susah. apalagi pas ada beberapa gangguan. Tetapi ternak burung adalah prospek tercepat untuk mendapatkan untung. Tentu untuk pertama kali kita memulai pasti kita akan kacau dan kurang pengalaman. Tetapi ketika telah melakukannya selama 3 bulan pasti akan menjadi pakar burung. He he he.

Lho kok ternak burung, apa tidak memakan tempat ?. Jawabannya tidak sama sekali. Untuk ternak burung Parkit atau love Bird misalnya, ketika kita membudidayakan 3 pasang induk maka hanya memerlukan kandang 1x1x1 meter. Untuk detilnya silahkan lihat tentang Budidaya Burung Parkit Sekala Pemula. Disitu dijelaskan secara rinci semua tentang budidaya burung parkit.

Menjadi Blogger

Pada poin ini untuk menjadi sukses kita memerlukan waktu agak lama, tetapi akan lebih unggul hasilnya dari poin-poin lainnya. Emang Blogger (orang yang menulis blog/webblog) mendapatkan penghasilan ? Kebanyakan dari blogger untuk mendapatkan penghasilan yaitu dengan mengikuti program periklanan google atau Google Adsense. Pada beberapa forum yang membahas tentang pendapatan mereka dari GA mereka menyatakan bahwa "Jika pengunjung blog kita sebanyak 4000-5000 pengunjung per hari maka kita dapat dipastikan mendapat gaji 2-3 juta per bulan.

Tertarik untuk mencoba blogger sebagai pengisi waktu luang ? Tunggu apa lagi bergegaslah sekarang dan dapatkan apa yang kita harapkan. Jika ingin tutorial lengkap bisa kalian lihat di "Coba Hasilkan Uang dari Internet".

Menjadi Youtuber

Tak perlu saya bahas lebih lebar, intinya kita upload video ke youtube dan kemudian daftarkan pada GA. Cara kerjanya sama seperti blog. Terbukti sudah banyak Youtuber Indonesia yang sukses. Mereka semua juga Pelajar dan Mahasiswa seperti kalian.

Jual Beli Online

Terakhir adalah jual beli online. Karena semakin mudahnya internet, sebagai kaum terpelajar kita harus mampu memanfaatkan internet dengan baik jangan sampai di salah gunakan. Pada bidang ini juga sangat memiliki prospek yang besar, tetapi juga membutuhkan biaya yang agak lumayan besar. Tank hanya itu, kita juga harus pandai-pandai mengatur dan mengurus panghasilan dan pengeluaran. Jangan sampai terjadi inflasi atau salah spekulasi. Bukan untung eh malah kita buntung.

Dari beberapa alternatif diatas kita bebas memilih. Tapi saran kami pilihlah sesuai dengan bidang kalian. Jangan sampai kita terlalu memaksakan akhirnya dapat setengah perjalanan kita merasa bosan.