Cara Menghafal Cepat Ala UKM Santri;- Menghafal adalah salah satu pekerjaan yang berat. Terkadang kita sangat sulit menghafal sesuatu, dan terkadang sangat cepat saat menghafal. Kadang juga kita sama sekali tidak bisa menghafal meski kita sudah berusaha keras. Hal ini dikarenakan cara menghafal yang kurang tepat.

Cara Menghafal Cepat Ala UKM Santri
Cara Menghafal Cepat Ala UKM Santri;- Sumber Gambar: https://pixabay.com

Jika kita susah menghafal sesuatu, mungkin 2 cara ini dapat kita gunakan sebagai alternatif menghafal kita. Dua cara ini yang selalu saya gunakan dan hasilnya lumayan.

Menghafal dengan Menulis

Ketika kita sulit menghafal sesuatu, mungkin otak kita memiliki mode visual dan gerak dalam mempelajari sesuatu. Sehingga membaca saja tidak cukup untuk memberikan rekaman yang bagus. Jika demikian, solusi menghafal kita adalah dengan menulis apa yang hendak kita hafal. Dengan begitu, otak kita juga merekam gerak tangan kita yang berupa kalimat.

Dalam metode Menghafal sambil menulis, yaitu menulis per kalimat dan di ulang sampai tiga kali. Mengapa harus tiga kali? ini bertujuan untuk menyempurnakan rekaman data yang dikirim ke memori kita. Pada saat menulis, kita juga harus memikirkan dan membayangkan apa yang kita tulis. Misal kita menghafal kalimat "Bakso memiliki rasa yang manis, tapi kadang juga pahit". Maka kita juga harus membayangkan seolah-olah kita memakan bakso yang manis dan pahit tersebut.

Lantas bagaimana jika yang kita hafal adalah Bahasa Arab atau Bahasa Inggris ?, Jika memang demikian, maka ini memang agak merepotkan. Pertama kita harus menghafal arti per kata. Jika arti per kata sudah selanjutnya kita akan mudah untuk menghafal bahasa asing.

Cara Menghafal Cepat Ala UKM Santri
dalam tidur otak merekam data terakhir sebelum tidur

Baca Juga: Tips Bepergian Tanpa Mabuk dengan Ubi

Menghafal Hendak dan Bangun Tidur

Metode unggul ke dua yang juga manjur adalah ketika hendak tidur dan bangun dari tidur. Bagaimana caranya? Caranya sebelum kita tidur, kita baca beberapa kali, semakin banyak di ulang semakin baik tapi jangan sampai kita merasa bosan. Setelah itu kita tidur dengan nyenyak. Nah ketika tidur itu lah otak kita bekerja tanpa sadar menyimpan data terakhir yang masuk pada otak kita.

Setelah bangun tidur, coba ingat-ingat apa yang kita baca sebelum kita tidur. Jika kita masih mengingatnya berarti kita telah hafal 80%. tetapi jika kita belum dapat mengingatnya secara penuh, carilah tempat yang tenang dan sejuk kemudian baca lagi. Pasti kamu akan mudah mengingat apa yang kamu hafal. Dengan begitu kamu sukses dalam menghafal.

Tips ini mungkin tidak berlaku untuk semua orang, karena metode daya tangkap otak yang berbeda-beda. Ada yang visual, audio juga gerak, ada juga yang harus menggunakan audio visual dan gerak secara langsung. Tapi metode ini sudah terbukti manjur saya terapkan. Selain cara diatas, masih banyak Cara-cara Ampuh Menghafal lainnya.
Peringatan Penting: Sekeras apapun kita berusaha menghafal jika niat kita tidak tertata baik maka tetap akan sulit untuk menghafal.