Alternatif Usaha Budidaya Lahan Sempit;- Pemanfaatan lahan sempit sangat memiliki prospek kesuksesan yang tinggi. Banyak yang bermula sekedar mengisi lahan kosong yang sempit akhirnya mereka menjadi pembudidaya sukses. Mari kita belajar bersama Alternatif Pemanfaatan Lahan sempit Pada sektor budidaya.

Ayam dapat menjadi hewan konsumsi atau hewan hias;
Ayam dapat menjadi hewan konsumsi atau hewan hias;- sumber gambar:https://pixabay.com

Sedikit demi sedikit banyak orang yang mulai tertarik dengan berbagai usaha lahan sempit. Diantaranya yaitu sektor budidaya hewan. Budidaya hewan yang memang tidak memerlukan lahan terlalu lebar dapat dijadikan alternatif untuk kita memulai usaha.

Pemanfaatan Lahan Sempit Sektor Budidaya Hewan

Budidaya hewan yang nyatanya memang hanya membutuhkan lahan kecil tergantung dari penyusunan tata letak tempat. Banyak sekali budidaya hewan lahan sempit yang digaris besar dalam dua kelompok yaitu Budidaya Hewan Hias dan Budidaya Hewan Konsumsi.

Budidaya Burung Hias

Jika kita tertarik dengan burung hias alangkah baiknya kita melakukan usaha yang satu ini. Budidaya burung hias adalah alternatif bagi kita. Karena kita hobi maka pasti kita akan senang dalam merawat binatang yang kita kembangkan ini. Selain itu membudidayakan burung hias juga dapat mengurangi kadar stres dalam diri kita. Beberapa burung hias yang dapat dijadikan sebagai usaha kita adalah:

  1. Budidaya Burung Parkit
  2. Budidaya Burung Pleci
  3. Budidaya Burung Merpati
  4. Budidaya Burung Tekukur
  5. Budidaya Burung Love Bird
  6. Budidaya Burung Perkutut
  7. Budidaya Ayam Pelung
  8. Budidaya Ayam KT


Budidaya Burung Konsumsi

Burung/Unggas konsumsi termasuk hal yang paling banyak permintaan. Budidaya unggas ini cocok untuk kita jadikan usaha sampingan kita. Memanfaatkan lahan sekitar rumah kita sudah cukup untuk budidaya ini. Beberapa Alternatif Budidaya Burung konsumsi antara lain:

  • Budidaya Burung Puyuh Potong
  • Budidaya Ayam Kampung
  • Budidaya Merpati Potong
  • Budidaya Burung Sawah


sebagian orang mengkonsumsi kelinci sebagian memelihara sebagai hiasan
sebagian orang mengkonsumsi kelinci sebagian memelihara sebagai hiasan

Budidaya Mamalia Hias

Mamalia Hias sangat cocok dijadikan usaha kita terutama yang memiliki lahan sempit. Banyak nya permintaan dari mamalia hias ini kadang memuncak tapi kadang juga turun. Bagi yang berminat budidaya mamalia hias berikut beberapa Alternatif untuk membudidayakan:

  • Kelinci Hias
  • Hamster/Marmut
  • Mencit Hias
  • Kucing
  • Anjing


Budidaya Mamalia Konsumsi

Selain untuk hiasan, mamalia konsumsi juga memiliki prospek yang baik di pasaran. Mamalia konsumsi untuk lahan sempit adalah yang bertubuh kecil tentunya. Berbeda dengan kambing atau sapi yang membutuhkan kandang relatif besar. Beberapa alternatif untuk kita memulai usaha sebagai berikut:
  1. Kelinci Potong
  2. Marmut Potong


Budidaya Pakan Binatang Hias

Ketika seseorang memelihara bintang hias, mereka memerlukan makan sesuai kebutuhan. Hal ini dapat menjadi kesempatan untuk kita dalam mengembangkan usaha kita sendiri. Berbagai hal dapat kita jadikan usaha kita dalam sektor pakan binatang hias. Diantaranya:



Itulah beberapa alternatif Budidaya Hewan Lahan Sempit. Semoga dapat membantu