Burung Merpati adalah salah satu binatang yang memiliki insting yang tinggi. Mulai dari ingatan terhadap kandang hingga kesetiaan terhadap pasangan. Kesetian yang kuat terhadap pasangannya itulah yang menjdikan masyarakat gemar bermain merpati.

Merpati Balap adalah merpati yang sangat keket atau lengket terhadap pasangannya. Hanya merpati jantan yang keket terhadap pasangannya. Sedangkan betina cenderung takut terhadap manusia.

Warna Merpati Balap Paling Langka dan Paling Umum


Membahas merpati balap tentu kita harus mengenal warna merpati itu sendiri. Ada beberapa jenis warna bulu merpati menurut pakar merpati. Apa saja warna merpati tersebut, mari kita ulas satu per satu agar kita tau.

#1 Megan
Megan adalah warna burung merpati yang paling umum dan paling banyak. Umumnya merpati pos yang memiliki warna megan. Ciri utama warna megan ini adalah dengan warna dasar abu-abu dan memiliki dua garis hitam kebiruan pada kedua sayapnya. Warna megan dalam bahasa inggris sering disebut dengan Blue Bar yang berarti garis biru.


#2 Silver
Warna jenis ini sama saja dengan megan, tetapi garis dan warna leher berwarna coklat kemerahan. Umumnya ada pada merpati balap sprint. Kabarnya warna janis ini sangat mudah di jodohkan dan dapat dengan cepat menjadi player handal.

#3 Tritis
Warna tritis entah ini dari bahasa apa, tapi warna ini ditandai dengan warna dasar abu-abu dan memiliki corak hitam diseluruh tubuhnya. Kalau dilihat seperti perpaduan antara warna hitam dengan megan. Warna hitam tritis ini adalah warna spesial yang menurut rumor sulit untuk dijodohkan dan dikeketkan.

#4 Gambir/Ontong
Menurut masyarakat, antara gambir dan ontong adalah berbeda. Tetapi sebenarnya komposisi warnanya hampir sama yaitu dengan warna coklat kemerahan. Yang membedakan keduanya yaitu gambir memiliki warna lebih pucat sedangkan ontong memiliki warna lebih hidup.

#5 Blorok
Warna yang paling acak acakan adalah blorok. Pasalnya penyusunan warna yang tidak teratur bahkan kadang tidak seimbang antara kanan dan kiri. Warna blorok lumayan jarang ditemukan sebagai player merpati balap. Mungkin karena rumor yang mengatakan bahwa Blorok adalah merpati yang ling-lung dan kurang mental. Semua hanya kira kira

#6 Polos
Teman teman lebih sering menyebutnya polos dan tanpa gelar warna yang wah. Warna hitam tanpa variasi dan warna putih polos yang memilki warna paling netral.

Baca Juga Budidaya Merpati Balap, Hias atau Pedaging

Warna Merpati Balap Paling Langka

Pada setiap perlombaan dan latihan merpati balap, penulis mendapatkan pendapat beberapa warna merpati balap paling langka. Entah hanya di daerah penulis atau memang langka tapi inilah beberapa warna merpati balap paling langka versi UKM Santri

# Merpati Balap Warna Putih
Warna piutih adalah warna paling langka dalam merpati balap. Pasalnya warna putih mungkin memang bukan basic untuk merpati balap sehingga susah untuk mencari keturunan warna putih.

Beberapa pakar juga ada yang berpendapat tentang jarangnya merpati balap berwarna putih karena merpati balap putih memiliki mata yang agak buta warna. Pendapat ini ada benarnya jika dilihat dari kajian bahwa binatang albino memliki penglihatan yang kurang sempurna.

# Merpati Balap Warna Blorok
Merpati warna blorok memang lumayang langka. Tetapi masih bisa ditemukan satu atau dua dalam setiap arena. Kemungkinan jarangnya pengguna blorok adalah proses penjodohanya yang susah, sehingga kurang menarik perhatian untuk perlombaan balap merpati.

# Merpati Balap Warna Hitam
Merpati balap warna hitam atau tritis masuk pada nominasi ketiga merpati balap paling langka. Menurut rumor merpati warna hitam kurang konsisten dengan pasanganya. Penulis sendiri juga bingung apa sebab merpati balap warna hitam sulit di temukan.

Baca Juga Cara Perawatang Burung Hantu Barn Owl/Tito Alba

# Merpati Balap Warna Silver (RedBar)
Ini dia merpati yang paling umum nomor dua ditemukan di arena balap merpati. Merpati warna silver sangat mudah ditemui di arena. Penasaran? Buktikanlah ke tempat perlombaan atau latihan balap merpati.

# Merpati Balap Warna Merah (Gambir/Ontong)
Menempati rekor merpati paling umum dan mudah ditemui. Entah mengapa, mungkin karena merpati warna ini adalah basic pertama merpati balap sehingga akan dengan mudah untuk dijodohkan.


Itulah warna merpati balap dari yang paling lanka hingga yang paling umum. Jika punya rekomendasi artikel atau ada koreksi dalam artikel bisa di request di kolom komntar. Salam Gaber.