5 Variasi Warna Burung Parkit;- Burung Parkit adalah burung paruh bengkok yang memiliki kelebihan pada bidang kecerdasan. Selain itu burung parkit adalah salah satu burung paruh bengkok yang dapat berkicau selain Love Bird. Dari berbagai jenis burung parkit, parkit Australia yang memiliki ukuran paling besar dan parkit lokal yang memiliki ukuran paling imut.

Pada kali ini kita akan membicarakan sedikit tentang parkit lokal. Pada umumnya, parkit lokal memiliki corak warna dasar kuning kehijauan. Tapi terkadang juga memiliki variasi warna yang unik.


5 Variasi Warna Burung Parkit Langka Satandar

5 Variasi Warna Burung Parkit Lokal

Dari berbagai warna, yang paling banyak ditemukan pada burung parkit adalah berwarna hijau kekuningan. Mungkin ini adalah warna dasar burung tersebut. Tapi seiring semakin banyaknya budidaya burung parkit, sekarang warna burung parkit telah banyak memilki variasi. Variasi ini terkadang memang sengaja dibuat dengan cara kawin silang.

Lihat Juga: Budidaya Burung Parkit Pemula

Warna Umum

Warna Umum adalah parkit dengan warna yang paling banyak tentunya. Ada dua variasi warna umum yaitu dasar kuning dan dasar putih. Pada parkit dasar kuning akan memiliki variasi warna bercorak abu-abu hijau atau abu-abu kuning. Pada parkit dasar putih akan memiliki warna corak abu-abu biru.

Burung parkit dengan warna ini sangat umum dan memang bukan warna langka. Sehingga harga juga relatif murah. Pada pasaran warna janis ini memiliki harga kisaran Rp. 30.000 sampai dengan Rp. 50.000

Albino dan Lutino

Pada dasarnya Albino dan Lutino adalah warna burung parkit Albino. Albino* adalah kelainan genetik dengan ciri tidak memiliki zat pewarna/pigmen. Pada penderita albino (hewan/manusia) mereka tidak memiliki warna pada organ mereka seperti warna mata, warna rambut/bulu. Pada kebanyakan kasus penderita albino memiliki warna merah pada mata.
*Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Albinisme

Albino pada burung parkit adalah burung albino yang memiliki warna dasar putih. Keliainan ini menyebabkan burung ini tidak memiliki corak pada bulunya, sehingga hanya memiliki warna putih polos. Kelainan yang langka ini menyebabkan harga burung ini menjadi lebih mahal.

Lutino adalah burung parkit albino yang memiliki warna dasar kuning. Selain memiliki warna kuning biasanya juga memiliki mata berwarna merah dan terlihat seperti transparan. Harga burung yang memiliki kelainan ini lumayan lebih mahal dari warna umum. Pada pasar biasanya Latino dan Albino memiliki harga Rp. 75.000 dampai dengan 150.000 per ekor.

Creamino

Creamino adalah warna burung parkit yang lagka. Dari segi warna hampir mirip dengan Albino dan Lutino tetapi memiliki perbedaan sedikit. Pada Creamino memiliki warna putih polos dan dibalut dengan warna kuning trasparan. Mungkin jenis warna ini adalah hasil dari kawin silang antara Albino dan Lutino. Harga parkit dengan warna ini lumayan mahal dipasar. Umumnya, warna jenis ini dibanderol dengan harga Rp. 100.000 sampai 200.000 per ekor.

Mungkin Tertarik: Jenis Burung Hantu Peliharaan

Double-Factor Spangled

Warna jenis ini hampir memiliki kesaan dengan Albino atau Lutino. Yang membedakan antara Double-Factor Spangled dengan Albino-Lutino adalah warna mata. Pada jenis ini warna mata terlihat hitam penuh, sedangkan pada Albino dan Lutino memiliki warna merah transparan. Pada umumnya, warna mata dari Double-Factor Spangled akan memudar seiring bertambahnya usia.

Double-Factor Spangled adalah warna kategori lumayan langka yang sulit untuk didapat.

Dominan Pied

Dominan Pied adalah variasi burung parkit yang lumayan sulit didapat. Pada jenis warna ini, warna pada bulu burung parkit tersebut belang belang. Misalkan dengan warna putih biru dan hitam. Warna corak yang banyak pada bagian punggung. Jika umumnya warna putih biru pada punggung adalah rata pada warna Dominan Pied memiliki jarak. Biasanaya seperti ada garis tegas putih biru putih biru.

5 Variasi Warna Burung Parkit Langka Satandar
Corak Warna Dominan Pied

Itulah beberapa variasi burung parkit yang sedikit langka tpi masih dalam kategori mudah didapat. Ada beberapa jenis yang memang langka dan sulit ditemukan diantaranya Rainbow yang akan kita bahas pada artikel selanjutnya.