Cara Memilih dan Menentukan Lokasi Usaha;- Lokasi usaha adalah faktor internal bisnis yang sangat berpengaruh. Dengan lokasi yang tepat bisnis akan mudah berkembang, begitu pula sebaliknya.  Untuk menentukan lokasi bisnis yang tepat memang sangat sulit untuk dilakukan, bahkan terkadang menimbulkan keragu-raguan.

Cara Memilih dan Menentukan Lokasi Usaha
Memilih lokasi usaha yang terkadang membuat bimbang;- Sumber Gambar: https://pixabay.com/

Untuk menentukan lokasi bisnis terbaik, ada langkah langkah yang harus di tempuh. Dengan langkah-langkah tersebut setidaknya kita menemukan keyakinan akan tempat yang pas bagi bisnis kita.

Langkah Menentukan Lokasi Usaha

Beberapa langkah ini akan membantu kita menentukan lokasi usaha kita hingga kita menemukan lokasi yang tepat untuk usaha kita.

Siapa Sasaran Bisnis Kita?

Yang perlu kita cari pertama kali adalah siapa sasaran dari bisnis kita tersebut. Dengan meninjau lebih dengan sasaran konsumen kita, kita dapat mengetahui tentang bisnis apa yang sebaiknya kita jalankan, apa yang akan kita sediakan dan tempat yang cocok untuk bisnis kita.

Sebagai contoh kecil ketika kita bisnis katering. Jika sasaran utama kita adalah perkantoran, maka lokasi bisnis kita juga harus berada di lingkungan perkantoran. Tapi jika sasaran bisnis kita adalah penduduk pemukiman kita dapat memilih tempat di pemukiman.

Pilih Lokasi Strategis

Untuk menentukan lokasi usaha, kita harus memilih lokasi yang strategis. Ada beberapa ciri-ciri lokasi usaha yang strategis sebagai berikut:
    • Lalu lintas warga
    • Depan jalan utama
    • Jumlah pesaing
    • Mudah di jangkau
    • Dekat dengan fasilitas umum
    • Keamanan
    • kebersihan
Dengan ciri-ciri diatas, lokasi usaha kita termasuk lokasi yang strategis.

Dengan dua langkah tersebut kita dapat menghilangkan rasa ragu kita dalam menentukan lokasi usaha/bisnis kita. Semoga dapat membantu